Inilah Kondisi Terkini Pusat Komputer Mangga Dua

Mangga dua adalah tempat yang pernah menjadi pusat komputer terbesar di indonesia tetapi untuk saat ini kelihatan sepi dari pengunjung menyebabkan banyak toko yang tutup, toko – toko yang berlokasi strategis yang dulu di incar banyak orang karena berkeinginan berdagang di tempat tersebut juga ikutan tutup.

Tidak semua toko yang tutup masih ada beberapa toko yang buka tetapi sepi dari pengunjung. Dulu pada siang hari food court selalu ramai, namun saat ini penjualnya saja hanya beberaoa saja di food court. Pada suatu saat selasar mangga dua mall mengadakan pameran beraneka produk komputer. Namun apa yang terjadi para pengunjung yang datang hanya melihat – lihat saja, dan yang lebih tragis ada banyak kerumunan namun hanya mononton film yang di putar di sebuah smart tv yang di pamerkan salah satu toko.

Di mangga dua untuk saat ini penjual komputernya saangt sedikit bila diprosentasekan sekitar 40% yang masih berjualan. Namun tragedi ini tidak dialami mangga dua saja melainkan di seluruh indonesia. beberapa pembisnis ini mengecilkan ukurannya, seperti dari sebelumnya 20 toko sekarang di kecilkan menjadi 2 – 4 toko saja, namun tak banyak dari toko – toko komputer tersebut yang berhenti dalam bisnis tersebut.

Masa – Masa Keemasan Mangga Dua

Wayback Machine

Sumber: kakinakl.wordpress

Di tahun 1990an pusat penjualan komputer berada di daerah Glodok sebenarnya. Tetapi pada tahun 1998 terjadi kerusuhan besar yang mengakibatkan daerah Glodok mengalami kerusakan yang sangat parah. Membuat para pedagang komputer harus mencari tempat berjualan baru. Beberapa pedagang ada yang berpindah ke daerah Gajah Mada Plaza, beberapa lagi pindah ke Ratu Plaza, namun banyak dari para pedagang tersebut yang berpindah ke Daerah Mangga Dua.

Pada awalnya toko – toko komputer yang berada di mangga dua ini hanya 38 toko saja dan yang lainnya toko – toko dari industri lain, namun toko yang dari industri lain tersebut lama kelamaan tergeser dengan toko – toko komputer dan mengakibatkan mangga dua ini menjadi pusat penjualan komputer. Banyak pembeli perorangan maupun reseller menjadikan mangga dua sebagai tujuan utama untuk membeli komputer. Pesatnya industri IT di waktu itu membuat kemajuan yang sangat besar di daerah mangga dua. Di daerah mangga dua mendirikan mangga dua Square pada tahun 2005. Lalu di daerah mangga dua dengan ukuran luas sekitar 22 ribu m2 pada tahun 2010.

Namun dengan semakin pesat berkembangan daerah mangga dua membuat daerah mangga dua semakin padat yang menimbulkan masalah kemacetan. Orang – orang yang ingin berkunjung ke mangga dua membutuhkan waktu sekitar setengah hari baru bisa sampai ke mangga dua, hal itu membuat orang – orang malas ke daerah mangga dua. Di lain hal banyak sentra penjualan komputer yang berjualan di berbagai tempat di pojok – pojok ibukota dan daerah – daerah sekitarnya. Orang – prang sebagai pembeli lebih memilih membayar sedikit lebih mahal daripada harus bersusah payah untuk menerobos kemaceta ke mangga dua. Hal terebut membuat ketenaran mangga dua perlahan mulai menurun.

Dikala Kondisi Mangga Dua Terjepit

Previous capture

Sumber: cahayamalamdibulanjuli.wordpress

Sebenarnya penurunan dari mangga dua sudah terasa sejak tahun 2005, namun pada tahun 2009 dan 2010 penjualan retail di mangga dua mengalami penjualan yang dicatan angka tertinggi.

Namun dari 2 tahun tersebut terdapat perbedaan yang mendasar.margin keuntungan para pedagang mengalami penurunan yang sangat drastis pada tahun 2010. Alasanya bahwa banyak toko baru yang dibuka membuat pengusaha terpaksa menurunkan margin keuntungan mereka. Ketika modern retail mulai menjual perangkat komputer marginpun semakin dikoreksi hal tersebut terjadi pada tahun 2011. Yang lebihpada tahun 2012 diluar perkiraan margin semakin menurun dan volume penjual juga semakin menurun.

Facebook Conversations

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *